Pages

Minggu, 06 November 2011

Resume Perkuliahan Sistem Informasi Terpadu Pert. 3


KONSEP SUPPLY CHAIN
  • Adalah suatu sistem yang memungkinkan perpindahan barang dari produsen agar hal-hal seperti keterlambatan penyampaian, salah barang, dsb. bisa dikurangi atau tidak terjadi.
  • Merupakan konsep baru dalam masalah logistik.
KONSEP LOGISTIK
  • Konsep Lama Logistik, yaitu sebagai persoala intern perusahan dan pemecahannya diutamaka pada pemecahah intern perusahaan.
  • Konsep Baru Logistik, yaitu dilihat sebagai masalah yang lebih luas sejak dari bahan dasar sampai barang jadi yang dipakai oleh konsumen akhir, sehingga merupakan mata rantai peyediaan barang.
SCM YANG EFEKTIF ADALAH
  • Hemat waktu dan efisien untuk semua kegiatan.
  • Hemat biaya produksi, penyimpanan, dan pengadaan.
  • Komunikasi global secara cepat dan tepat.
  • Distribusi global yang efektif untuk barang dan jasa.
KEUNTUNGAN SCM
  • Mengurangi Inventory Barang, sehingga biaya dapat lebih ditekan.
  • Menjamin Kelancaran Penyediaan Barang,  mulai asal barang(barang pembuat), supplier, perusahaan, distributor, sampai konsumen akhir.
  • Menjamin Kualitas, dimana kualitas barang jadi tidak hanya ditentukan pada proses produksi tapi juga ditentukan pada kualitas bahan mentahnya serta kualitas kemanan dalam pengirimannya.

ECR (Efficient Consumer Response)

Adalah sebuah strategi yang bertujuan untuk mengurangi biaya yang harus dikeluarkan pada jalur distribusi dan membuatnya semakin tanggap erhadap perminaan konsumen.

KOMPONEN DASAR SCM
  1. Supplier, yaitu perusahaan yang menyediakan bahan pertama berupa bahan baku, bahan penolong, bahan dagangan, suku cadang, dsb.
  2. Manufacturer(plants, assembler, fabricator), yaitu perusahaan yan melakukan pekerjaan membuat, memfabrikasi, mengasembling, atau menyelesaikan barang(finishing).
  3. Distributor(wholesaler), yaitu perusahaan yang menerima hasil produk dari manufacturer sebelum disalurkan lagi ke pengecer.
  4. Retailer(pengecer), yaitu perusahaan yang menerima produk dari distributor dan langsung menjaualnya kepada pelangan.
  5. Customer(pelanggan), yaitu para pembeli atau pengguna barang dimana merupakan sebagai pembeli akhir yang melakukan pembelian.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls