Pages

Minggu, 06 November 2011

Resume Perkuliahan Sistem Informasi Terpadu Pert. 4


AKTIVITAS-AKTIVITAS LOGISTIK

  1. Pelayanan Pelanggan (Customer Service), adalah suatu proses yang berlangsung diantara pembeli, penjualan, dan pihak ketiga yang menghasilkan nilai tambah untuk pertukaran produk atau jasa dalam rangka waktu pendek (misal, transaksi tunggal) maupun dalam jangka waktu panjang(misal, hubungan berdasarkan kontak).
Elemen-elemn Customer Service:
Menurut Bernard J. La Londe dan Paul Zinszer, ada 3 elemen,
  • Elemen Pratransaksi(Pretransaction Elements).
  • Elemen Transaksi(Transaction Elements).
  • Elemen Post-Transaksi (Posttransaction Elements)
    2.  Ramalan Permintaan (Demand Forecasting)
Untuk mengetahui kesempatan-kesempatan yang terbuka bagi perusahaan, serta apa yang harus dilakukan oleh perusahaan di masa akan datang, maka perusahaan perlu mengetahui keadaan di masa depan, khususnya permintaan atau kebutuhan.

Faktor-Faktor dalam peramalan yang perlu untuk diperhatikan adalah:
  • Arah pertumbuhan atau perkembangan.
  • Pengaruh musiman (seasonal effect).
Beberapa metode peramalan yang digunakan untuk meramalkan, antara lain:
  • Metode Trend.
  • Metode Rata-rata.
  • Metode Eksponensial.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls